Tim Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan Lakukan Kunjungan dalam rangka Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) SMA Katolik Sang Timur – SMA Katolik Sang Timur

Tim Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan Lakukan Kunjungan dalam rangka Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) SMA Katolik Sang Timur

Tim Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan Lakukan Kunjungan dalam rangka Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) SMA Katolik Sang Timur

Kunjungan Tim Pengawas Dinas Pendidikan Jakarta Barat II ke SMA Katolik Sang Timur dalam rangka Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) pada Kamis 24 Februari 2022.

 

Jakarta – Tim Assesor (Pengawas Sekolah) Dinas Pendidikan Jakarta untuk wilayah Jakarta Barat II melakukan kunjungan kerja ke SMA Katolik Sang Timur Jakarta dalam rangka Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) pada Kamis, 24 Februari 2022. Bertempat di Ruang 1 Lantai 1, acara PKKS hadir sebagai bentuk pembinaan sekolah agar sekolah tercapai kualitas layanan pendidikan yang optimal.

Dalam kunjungan PKKS, tim assesor terdiri dua orang pengawas, yakni Dr. H. Suharto, M. Pd., M. Si. dan Dra. Hj. Nurul Muhatidah. Acara dimulai dengan presentasi dari Sr. Natalia, PIJ selaku Kepala Sekolah SMA Katolik Sang Timur. Setelah pemaparan presentasi, acara dilanjutkan dengan verifikas dokumen yang telah disiapkan. Assesor memfokuskan penilaian atas komponen 3: pengembangan sekolah (penyusunan program sekolah), dan penilaian komponen 6: supervisi akademik.

Setelah rangkaian acara selesai, tim pengawas menyampaikan evaluasi atas temuan-temuan saat Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PPKS) berlangsung.

Ada beberapa poin penting yang menjadi evaluasi saat PKKS. Tim Assesor menilai SMA Katolik Sang Timur sudah dalam kondisi sangat baik sebagai sekolah menengah atas yang menyediakan layanan dengan kualitas mutu pendidikan terbaik. 

Bukan tanpa alasan kenapa tim asseor memberikan penilaian terserbut. Yang pertama, SMA Katolik Sang Timur dinilai berhasil menanamkan sikap kepedulian bagi para siswa serta lulusan sehingga terjadi keterlibatan Alumni dalam pengembangan sekolah ke arah yang jauh lebih baik. Kedua, sarana & prasarana, program pendidikan, dan penerapan protokol kesehatan sudah sangat baik terlebih di kondisi pandemi COVID19 yang belum berakhir, hal tersebut menjadi hal kunci yang wajib sekolah berikan kepada para peserta didik agar pendidikan dapat terus berjalan dengan lancar dan nyaman.

Dalam evaluasi, Tim Assesor juga menyampaikan bahwa masih ada hal yang perlu ditingkatkan oleh SMA Katolik Sang Timur terkait Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS), yakni dalam hal survey kepuasan pihak peserta didik khususnya orang tua siswa agar nantinya hasil survey dapat meningkatkan kualitas layanan pendidikan kepada peserta didik dan tetap menjadi sekolah yang terbaik bagi peserta didik.

Menanggapi hal tersebut, Sr. Natalia, PIJ menyatakan kesiapannya untuk melakukan perubahan demi meningkatkan kualitas layanan pendidikan. Hal ini juga menjadi persiapan guna menyambut program kurikulum baru, yakni merdeka belajar.

 

Teks: Ergian Pinandita

Foto: Tim Multimedia SMAK ST

 

Berikut adalah video kilas balik kegiatan PKKS 2022

Leave a comment

×
Silakan menghubungi kami:
Senin-Jumat pada 07.30 - 15.00 WIB
atau email kami: smakstjkt@gmail.com
×