SMA Katolik Sang Timur Jakarta Gelar Acara Rekoleksi Bagi Guru dan Tenaga Pendidikan – SMA Katolik Sang Timur

SMA Katolik Sang Timur Jakarta Gelar Acara Rekoleksi Bagi Guru dan Tenaga Pendidikan

SMA Katolik Sang Timur Jakarta Gelar Acara Rekoleksi Bagi Guru dan Tenaga Pendidikan

Jakarta – Unit SMA Katolik Sang Timur (SMAK ST) Jakarta menggelar acara rekoleksi untuk para guru dan tenaga pendidikan pada Sabtu, 11 Desember 2021 di Aula Lt. 3. Dipandu langsung oleh Kepala Sekolah unit SMAK ST Sr. Natalia PIJ, rekoleksi dihadiri oleh para guru dan tenaga pedidikan dengan total 43 orang. Acara pun berjalan dengan lancar dan hikmat.

Acara rekoleksi merupakan acara rutin yang diadakan oleh SMA Katolik Sang Timur bagi para guru dan tenaga pendidikan. Tema yang diusung adalah “Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan,” sesuai dengan tema Natal 2021 yang telah disetujui oleh Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) dan Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI). Tema tersebut dikutip dari Alkitab Petrus I ayat 22, yakni

“Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran, sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulis ikhlas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu.

Rekoleksi adalah kegiatan mengumpulkan kembali memori-memori sebelumnya juga menggali kembali makna hubungan antar sesama individu. Melalui acara rekoleksi, Sr. Natalia PIJ berharap kegiatan ini menjadi salah satu momentum untuk berhenti sejenak bagi para guru dan tenaga pendidikan dari aktivitas rutin untuk merefleksikan kembali hal-hal yang telah dilalui, seperti mengajar dan melayani para siswa serta menyadari apa yang sebenarnya dikehendaki oleh Tuhan.

“Terkadang para guru dan tenaga Pendidikan sebagai seorang pendidik tidak menyadari nilai-nilai dari hal-hal yang mereka lalui setiap hari,” pungkas Sr. Natalia dalam acara rekoleksi.

Pada rekoleksi kali ini, Sr. Natalia memberikan pembekalan berupa pedoman-pedoman kehidupan, seperti 10 cara hidup Bahagia menurut Beata Clara Fey, Makna Manusia, Belajar dari Kehidupan, serta pembekalan tentang bagaimana seorang pendidik harus bersikap dan bertindak. Pembekalan tersebut merupakan sebuah bentuk pengingat dan penyegaran  bagi para guru dan tenaga pendidikan agar segala aktivitas yang nantinya dilakukan akan memenuhi tujuan hidup semua manusia, yaitu bahagia dalam bekerja maupun bahagia dalam kehidupan sehari-hari sebagai seorang guru dan tenaga pendidik.

Semoga dengan terlaksanakannya rekoleksi kali ini, besar harapannya para guru dan tenaga pendidik SMA Katolik Sang Timur (SMAK ST) Jakarta menjadi seorang pendidik yang memiliki kualitas baik dalam mendidik dan melayani para siswa, serta menjadi pribadi yang bertindak dan bekerja sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh Tuhan.

 

Teks: Ergian Pinandita

Foto: Tim Multimedia SMA Katolik Sang Timur

Tags

Leave a comment

×
Silakan menghubungi kami:
Senin-Jumat pada 07.30 - 15.00 WIB
atau email kami: smakstjkt@gmail.com
×