PERINGATAN HARI PANGAN SEDUNIA GUGUS DEPAN SMAK SANG TIMUR JAKARTA AMBALAN SRIKANDI DAN ARJUNA “ 1 PORSI UNTUK DIRI, 1 PORSI UNTUK BERBAGI” – SMA Katolik Sang Timur

PERINGATAN HARI PANGAN SEDUNIA GUGUS DEPAN SMAK SANG TIMUR JAKARTA AMBALAN SRIKANDI DAN ARJUNA “ 1 PORSI UNTUK DIRI, 1 PORSI UNTUK BERBAGI”

PERINGATAN HARI PANGAN SEDUNIA GUGUS DEPAN SMAK SANG TIMUR JAKARTA AMBALAN SRIKANDI DAN ARJUNA “ 1 PORSI UNTUK DIRI, 1 PORSI UNTUK BERBAGI”

Jakarta-Hari Pangan Sedunia atau World Food Day diperingati setiap tanggal 16 Oktober. Tujuan peringatan Hari Pangan Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat akan pentingnya penanganan masalah pangan, baik di tingkat global, regional maupun nasional. Karena adanya tujuan ini maka kami dari gerakan pramuka gugus depan SMA Katolik Sang Timur Jakarta ambalan Srikandi dan Arjuna ikut ambil bagian dalam kegiatan HPS tahun 2022 ini. Ambalan mengambil tema “1 Porsi untuk kami, 1 Porsi untuk Berbagi”.

Kegiatan Ambalan dalam peringatan HPS dilaksanakan dalam beberapamacam kegiatan yang pertama pembekalan materi tentang HPS yang dibawakan oleh pembina kami yaitu kak Yohanes Kris Riyanto, S.S. Materi yang disampaikan mengingatkan kembali kepada adik adik sangga untuk dapat meningkatkan kesadaran dalam menghabiskan makanan yang sudah diambil, tidak menyisakan dan membuang makanan. Karena banyak orang di luaran yang sangat membutuhkan makanan untuk mereka makan.

Kegiatan yang dilaksanakan selanjutnya adalah menyiapkan dan menata makanan yang sudah dibawa oleh masing masing anggota sangga. Setiap sangga akan menghias makanan dalam 1 piring dan hasil mereka akan dinilai. Hiasan hasil karya sangga sungguh luar biasa indah dan menarik walaupun bahan bahan makanan jadi mereka merupakan makanan sederhana yang sehat dan lengkap. Lengkap karena ada sayuran, lauk pauk, buah dan minuman.

Agenda kegiatan selanjutnya yang lebih menarik lagi adalah makan bersama. Makan bersama disini semua anggota sangga makan dan saling bertukar makanan satu sama lain. Berbagi kepada anggota sangga yang belum ada lauk atau sayur atau sebaliknya. Suasana semakin seru karena mereka bisa bersantap siang bersama dan saling melengkapi menu hidangan dari masing masing sangga.

Sambil mereka bersantap maka dewan ambalan memberikan penilaian pada menu makanan masing masing sangga yang telah dikumpulkan tadi. Dan setelah makanan tadi mendapat penilaian kegiatan selanjutnya adalah membungkus makanan dengan rapi dan cantik. Dibungkus dengan rapi dan cantik disini dengan tujuan agar ketika dibagikan kepada orang lain terlihat layak dan pantas. Anggota sangga membawa makanan yang sudah dibungkus dan memberikan kepada tukang ojol di depan sekolah, security gereja dan security yayasan. Mereka juga memanggil semua pramu bakti baik dari unit SMA dan unit SD untuk mengambil makanan. Pra pramu bakti mengucapkan banyak terimakasih kepada anggota sangga atas hidangan yang sudah diberikan.

Dari kegiatan ini maka tema yang kami angkat dapat terealisasi dengan baik. Mereka tidak menyisakan sedikitpun makanan dalam anggota sangga tetapi justru mengumpulkan jadi satu dan dapat dibagikan kepada orang lain. Ketika mereka dapat berbagi menjadi kebanggan buat mereka karena bisa menjadi berkat bagi sesama. Harapan kami semoga kegiatan positif seperti ini tidak hanya terjadi waktu kegiatan sekolah yang dilaksanakan hari itu, tetapi semoga semua anggota sangga dapat menerapkan kegiatan positif seperti ini dalam kehidupan sehari – hari mereka.

Selamat Hari Pangan Sedunia

Nikmati dan syukuri yang dimiliki. Tanggung jawab atas apa yang diberi. Porsi kamu ya diri kamu yang tahu, maka jangan melebihi itu. 1 porsi untuk diri, 1 porsi untuk berbagi.

Salam Pramuka

*DA SRIKANDI & ARJUNA*

Leave a comment

×
Silakan menghubungi kami:
Senin-Jumat pada 07.30 - 15.00 WIB
atau email kami: smakstjkt@gmail.com
×