166 Calon Siswa Baru ikuti MPLS SMA Katolik Sang Timur

166 Calon Siswa Baru ikuti MPLS SMA Katolik Sang Timur

MPLS

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) menjadi masa perkenalan peserta didik terhadap lingkungan baru di SMA Katolik Sang Timur, baik dengan sesama siswa baru dan kakak kelas maupun guru dan karyawan lainnya. Kegiatan ini pun menjadi kesempatan yang baik untuk mengenalkan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah. Untuk itu, dengan kegiatan ini, calon peserta didik SMA Katolik Sang Timur diharapkan menjadi semakin memiliki ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan.

Jakarta – Tahun Pelajaran 2019-2020 akan segera dimulai. SMA Katolik Sang Timur-Jakarta kembali melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada Kamis-Sabtu, 11-13 Juli 2019. Calon siswa baru yang mengikuti MPLS ini berjumlah 166 siswa. Tema yang dirumuskan untuk kegiatan ini adalah “Generasi Millenial yang Penuh Kasih, Peduli, dan Cerdas.” Tema ini sejalan dengan rumusan Visi dan Misi SMA Katolik Sang Timur.
Kegiatan diawali dengan Apel Pembuka yang dipimpin oleh Drs. FX. Heru Setyo Budi, selaku Ketua Pelaksana dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan. “Kegiatan ini menjadi kesempatan yang baik untuk mengenal SMA Katolik Sang Timur. Manfaatkanlah sebaik-baiknya!” pungkasnya.
Usai apel pembuka, kegiatan dimulai dengan memperkenalkan peserta didik pada Etiket Bermediasosial. Tema ini disampaikan oleh Antonia Dian Permanasari, S.Pd, salah satu dari tim guru Bimbingan dan Konseling. Bu Dian, demikian biasanya beliau dipanggil, menegaskan beberapa hal penting yang harus disikapi dalam bermediasosial. Setelah itu, kegiatan diteruskan dengan pengenalan peserta didik pada Wawasan Wiyata Mandala, Kurikulum 2013, Etika Lingkungan Hidup, dan diakhiri dengan Sharing Alumni dari Ikatan Alumni SMA Katolik Sang Timur-Jakarta.
Hari kedua, setelah sesi Visi dan Misi Sekolah yang disampaikan oleh Sr. Marsella PIJ, M.Pd, Kepala SMA Katolik Sang Timur, peserta didik dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama mengikuti sesi Tata Tertib yang disampaikan oleh Drs. FX. Heru Setyo Budi dan Antonius Ari Hendarto, S.Pd. Kemudian, kelompok kedua mengikuti sesi Peraturan Baris Berbaris yang didampingi oleh Tim Paskibra SMA Katolik Sang Timur. Tak ketinggalan, peserta didik pun dikenalkan sesi Motivasi Belajar yang disampaikan oleh Katarina Nopiana Wahyuni, S.Pd. Harapannya, siswa terbantu untuk menemukan ritme belajar di jenjang pendidikan menengah atas ini. Dan, menutup kegiatan hari kedua, peserta didik dipandu oleh Antonius Sumaryanto dan Rebeka Ismarfiani dari Tata Usaha dalam sesi Pendataan Siswa/Dapodik. Tak ketinggalan pula, peserta didik dikenalkan dengan kegiatan OSIS/MPK dan penggunaan HIGO Free Wifi.
Hari ketiga, peserta didik didampingi oleh Kepolisian Republik Indonesia, Polsek Kebon Jeruk untuk memahami pentingnya Tertib Berlalulintas dan bahaya Narkoba. Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan ekstrakurikuler indoor dan diakhiri dengan kegiatan inisiasi.
(Tim Multimedia, 2019)

Leave a comment

×